Pipa Hitam Lentur HDPE – Pipa HDPE merupakan sistem perpipaan yang terpercaya dengan karakteristik istimewa dan sesuai untuk aplikasi air minum karena terbuat dari Polyethylene (PE). Materialnya memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dan tingkat keretakan yang rendah, sehingga memiliki life time lebih dari 50 tahun. Pipa HDPE tersedia dalam bentuk batangan dan gulungan (coil), memudahkan proses transportasi & instalasi. Sistem penyambungannya bisa dengan Fusion Welded Joints (Butt Fusion & Electrofusion) dan Mechanical Compression Joints. HDPE Rucika terdiri dari PE-100, dengan design stress 8 MPa. Diproduksi dengan ukuran diameter luar mulai dari 20 mm hingga 630 mm.

Pipa Hitam Lentur HDPE – HDPE dirancang untuk transportasi & distribusi air, serta kebutuhan industri, pertanian dan perkebunan. Dengan karakteristik istimewa, memungkinkan Pipa HDPE digunakan dalam kondisi yang bervariasi untuk mengalirkan air seperti pada jaringan pipa bawah air, untuk relining jaringan pipa drainase & air minum, maupun pemasangan pipa di daerah sulit (genang air, rawa-rawa, daerah rewan gempa, daerah labil, dan sebagainya).

Warna dominan hitam, tapi saat diangkat bobotnya sangat ringan. Sekilas mirip dengan pipa besi, namun jenis pipa yang akan kita bahas kali ini adalah Pipa HDPE, produk plumbing dari material thermoplastik dengan karakter spesial.

Sebelum menggunakan pipa HDPE, para insinyur konstruksi menggunakan jenis pipa besi dan produk pipa thermoplastik lain jenis PVC. Keduanya pada dasarnya memiliki kelebihan, namun masih sering dijumpai beberapa kendala yang kerap membuat saluran air bersih kurang efektif.

Bahan HDPE mulai digunakan pada era tahun 80, material ini mulai digunakan pada banyak produk, terutama dengan ketentua standard Food Grade. Seperti peralatan makan, perkakas rumah, mainan hingga peralatan bayi.